4 Cara Merawat Mr.P Setelah Sunat

lifestyle
Oleh Rindi Velarosdela / dr. Darian Mandala Sofian - Selasa, 27 Februari 2018

Khitan adalah salah satu anjuran agama, bahkan para peneliti kesehatan telah menganjurkan untuk melakukan khitan karena alasan kesehatan. Khitan atau sunat mempunyai beberapa manfaat bagi kesehatan jadi buat kamu yang belum dikhitan untuk segera melakukannya.

Khitan adalah proses membuat kulup atau kulit yang menutupi ujung Mr.P. Jika kamu udah dikhitan saat bayi atau masih usia anak-anak, maka Mr.P kamu bisa sembuh dalam waktu 1 – 2 minggu saja.

Baca juga : Manfaat Sunat Buat Kesehatan

Walaupun khitan hanya berupa operasi kecil, tapi gak ada salahnya kalau kamu tetap mewaspadai hal-hal yang ditimbulkan dari proses khitan itu sendiri. Khitan juga bisa menimbulkan infeksi walaupun kasus tersebut jarang banget terjadi.

Jadi, Healthy people harus tahu nih beberapa tips merawat Mr.P anak yang baru disunat.

  1. Kamu harus selalu memastikan kebersihan Mr.P anak. Kamu bisa membasuh dengan lembut Mr.P setiap kali mandi dengan air bersih. Jika proses khitan dilakukan pada bayi, maka kamu harus mengganti popoknya setiap saat dan usap lembut Mr.P dengan kasa yang telah direndam air hangat. Perlu diperhatikan juga kalau kamu harus tetap mengajarkan pada anak untuk menjaga kebersihan Mr.P walaupun luka bekas sunat telah sembuh.

  2. Oleskan salep khusus yang telah direkomendasikan oleh dokter pada luka yang udah dibersihkan. Proses ini bertujuan untuk menghindari kerak luka yang mungkin menempel pada popok atau celana dalam.

  3. Hindari penggunaan popok atau celana dalam yang ketat karena bisa menimbulkan gesekan yang meningkatkan resiko iritasi pada kulit. Bahkan beberapa dokter menyarankan untuk membiarkan Mr.P yang telah disunat terbuka agar lukanya cepat kering.

  4. Kamu mungkin merasa kesulitan untuk tahu apakah bayi kamu merasakan kesakitan setelah disunat atau gak. Jadi, kamu harus selalu konsultasi ke dokter untuk tahu perkembangan bayi setelah proses sunat. Beberapa dokter mungkin memberikan obat penghilang rasa sakit jika bayi merasakan kesakitan pada area Mr.P.

Umumnya, luka bekas khitan akan sembuh dalam waktu 7 – 10 hari. Kamu harus segera konsultasi ke dokter kalau kamu menemukan gejala-gejala seperti :

  1. Pendarahan yang terjadi secara terus menerus

  2. Ujung Mr.P berubah warna kemerahan dan bengkak

  3. Demam tinggi

  4. Mr.P bernanah

  5. Gak bisa buang air kecil dalam waktu 12 jam setelah disunat

Baca juga : Perubahan Mr.P Seiring Bertambahnya Usia

 

 

 

 

 

 

Sumber : www.perdoski.org

Kembali ke Atas